EVALUASI PENILAIAN HASIL BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK IHSAN AYUMI KECAMATAN CIOMAS KOTA BOGOR

https://doi.org/10.54626/fascho.v12i02.279

Authors

  • Ida Royani
  • Suriyani
  • Al Juska Sasni Akbar Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • Surtina Universitas Muhammadiyah Bogor Raya

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi penilaian hasil belajar yang sudah dilakukan oleh guru PAUD pada anak usia dini di TK Ihsan Ayumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, artinya peneliti memaparkan hasil observasi dan wawancara secara deskripstif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, awawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penilaian pada TK Ihsan Ayumi ini melakukan penilaian melalui pengamatan dan unjuk kerja, penilaian tersebut tidak dicatat secara individu melalui narasi melainkan berkelompok dengan memakai simbol angka. Selain teknik penilaian menggunakan system ceklis, teknik penilaian anekdot yaitu teknik penilaian yang berupa catatan kecil atau peristiwa-peristiwa yang terjadi pada anak tetap dilakukan guna memberikan gambaran singkat mengenai alasan kompeten atau tidaknya siswa. Dalam menjalankan RPPH dan penilaiannya, kedua teknik ini adalah teknik yang paling efektif. Dengan adanya teknik penilaian guru dapat mengetahui tingkat perkembangan pada anak usia dini yang sesuai dengan aspek perkembangan pada setiap anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-25 — Updated on 2023-07-19

Versions

How to Cite

Royani, I. ., Suriyani, Al Juska Sasni Akbar, & Surtina. (2023). EVALUASI PENILAIAN HASIL BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK IHSAN AYUMI KECAMATAN CIOMAS KOTA BOGOR. Jurnal Fascho: Kajian Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan , 12(02). https://doi.org/10.54626/fascho.v12i02.279 (Original work published April 25, 2023)